26 Mei, 2009

Lawan!! Jangan Hindari!!

Siang ini, sewaktu Gw lagi maen keruangan sebelah, Bos Gw (eselon Dua nih) masuk keruangan itu juga. Sekonyong-konyong koder (Halah apa ini?) dia nyapa Gw dan mengeluarkan sebuah pertanyaan "Gandi... Kamu ada Sham Soe?". Maksudnya dia nanya apa Gw punya rokok Dji Sham Soe keluaran Pt. H.M. Sampoerna. Kontan dengan spontan Gw jawab "Saya sudah berhenti pak..." (Jah... nyombong, baru 2 minggu dah sombong) ih sumpah deh... itu spontan.. demi Allah deh..(iya.. iya, kalo dah bawa2 nama Tuhan Gw percaya Kok :D).

Bukan sebuah jawaban yg Gw duga sebelumnya yg keluar dari mulut bos Gw itu, dia jawab "Sama... saya udah tiga hari nih, tapi kok pusing ya?" jah... ternyata lagi sama2 berhenti ngerokok. Dia juga bilang kalo dia pernah berhenti sampai 6 bulan, lalu kembali merokok ketika mencoba lagi. Aduh... dalam hati Gw bingung, kok bisa ya udah berhenti malah balik lagi?

Emang Gw baru berhenti 2 minggu, masih kalah sama bos Gw yg dah pernah sampe 6 bulan. tapi satu yg Gw bisa ambil kesimpulan, ternyata dia berhenti dengan menghindari Rokok, mengganti rasa pengin ngerokok dengan rasa lain. berbeda dengan Gw yang gak mau ngelupain atau menghindari nikmatnya rokok, sampe sekarang Gw bilang kalo abis makan itu enaknya ngerokok, kalo abis ngopi itu enaknya ngerokok, atau kalo lagi buang air (Besar dan keras juga lama) itu enaknya sembari ngerokok.

Banyak temen Gw yang juga memberikan saran/solusi berhenti dengan mengunyah permen, menurunkan kadar rokok, menghindari perokok, ngebuang semua alat2 perokoan (seperti asbak, korek dll), tetapi itu bukan cara yg tepat (menurut Gw). Lebih baik Gw hadapi rokok, asbak, dan korek itu secara terang-terangan. Disaat rasa pengin ngerokok muncul, Gw bilang sorry "Gw gak ngerokok", atau "sorry Gw lagi puasa" kediri Gw sendiri. Rasanya puas bisa melawan Rokok, seakan2 Gw berhasil nendang, dan nonjok tuh rokok.

Lalu apa inti dari tulisan Gw ini? kenapa Gw bisa nyaranin buat ngelawan bukan menghindari? (Ah... ngomong sendiri lagi dia). Karena disaat lu menghindari rokok, asbak, korek, perokok, atau "rasa ingin merokok", dan lu suatu saat bertemu mereka lagi dan gak ada pelarian (kayak bos Gw yg bertemu dengan rokok setelah 6 bulan dia berhenti), lu gak bakal bisa melawan, dan segera bertekuk lutut lagi sama rokok. Jika sedari awal lu ngelawan si tetek bengek (Pake "K" loh...) rokok itu, lu bakal bisa ngelawan mereka kapan aja.. karena lu dah pernah ngelawan mereka.

OK ini cuma sekedar bagi2 perasaan dan cara aja, yg sampe saat ini dah Gw buktiin selama (baru) 2 Minggu (tepat nanti malem jam 00:13). Dan sekedar informasi, dikamar Gw masih ada asbak, korek, bahkan rokok bekas Gw pake sebelum berhenti (baru kehisap 1-2 batang), di kantor Gw tetep kerja di Lab yg notabene-nya jadi tempat bebas merokok. Tapi sampe saat ini gak satu pun batang rokok terbakar di mulut Gw :D

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

2 komentar:

  1. sip mas, kalau niat kita kuat Insya Allah pasti bisa, saya sendiri 2-3 minggu mulut terasa asam bawaannya pengen merokok terus tapi ya karena tekad dah kuat eh sekarang dah jalan 3 bulan dah stop...

    karena saya melihat efek dimasa tuanya sangat sangat mengerikan

    BalasHapus
  2. Hehehehe... ini saya ambil dari tulisan mas loh.
    Yang kutipan buku, yang anaknya meninggal.. saya lupa artikelnya yg mana :d

    BalasHapus

Komentar Terbaru: