13 Februari, 2011

Tgl 13, ku lepas rokokku, ku lepas masa lajangku


Tanggal 13 bulan 5 tahun 2009 aku berhenti merokok.

Tanggal 13 bulan 6 tahun 2010 aku bertemu dan bercengkrama denganmu.

Tanggal 13 bulan 2 tahun 2011 aku menikahi kamu.


Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

09 Januari, 2011

Ruang merokok di metromini


Gw ingat, dulu... 19+ bulan yang lalu, gw masih sering bolak-balik kantor-rumah orang tua dengan menaiki angkutan umum, metromini jurusan ragunan-kampung melayu. Tempat duduk favorit gw adalah kursi depan sebelah supir. Pojok yang aman, terisolasi dari pencopet, atau wanita-wanita yang selalu mengatasnamakan emansipasi dan memaksa untuk duduk.

Tempat yang terisolir dari banyak orang ini, membuat gw merasa tenang, aman dan nyaman. Termasuk dalam hal merokok. Kursi sebelah pak supir memang menjadi area merokok yang paling nyaman di seluruh bus. Selain pak supirnya juga merokok, disini gak akan *atau jarang* ada yg pura2 batuk merasa terganggu oleh asap rokok gw. Karena mereka juga sadar, duduk disebelah pak supir maka "menjadi perokok pasif" adalah konsekuensi nyata.

Namun kini, setelah gw berhenti merokok, tempat itu tak pernah berubah. Di isi perokok yang asyik merokok tanpa peduli adanya larangan merokok di dalam kendaraan umum. Tapi yang jelas, satu orang penghuninya sudah tak lagi menambah asap putih kedalam bus...

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

17 November, 2010

Saya *mimpi* merokok lagi

Dalam satu bulan ini, Gw sudah *sedikitnya* 2 kali bermimpi merokok. Jangan tanya "kenapa?"! karena Gw sendiri gak tahu. Gak ada hasrat untuk merokok lagi di keseharian Gw, juga gak ada ajakan lagi dari teman-teman sekitar. Gak ada waktu luang lagi yang kosong terbuang dengan "bengong", karena sekarang Gw udah menemukan pengganti "bengong" di waktu-waktu kosong Gw.

Dulu, diawal-awal proses berhenti merokok, Gw juga pernah bermimpi merokok. Namun saat itu, mungkin dikarenakan adanya keinginan tubuh untuk merokok yang tertekan oleh otak, niat dan kehendak Gw. Mimpi kali ini jelas bukan karena hal itu, Gw gak pernah lagi merasakan keinginan merokok, Gw udah lupa rasanya merokok, dan yang lebih pasti lagi: Gw gak tahu harga rokok *GakNyambung.com*. Hingga siang ini, Gw chat sama seorang teman, menceritakan mimpi Gw itu, dan diapun berkata "Mungkin karena kepikiran karena udah gak laporan 2 bulan". Hei.... ternyata Gw udah Gak laporan (Nulis postingan di blog ini) selama dua bulan. Seperti yang sudah Gw sepakati *Dengan diri sendiri* bahwa akan selalu menulis postingan ditanggal 13 tiap bulannya, sekedar sebagai catatan perjalanan berhenti merokok, sebagai pengingat bahwa Gw sudah berhenti merokok, dan sebagai laporan kepada kalian bahwa Gw masih berhenti merokok.

Karena sudah diingatkan akan laporan itu, ya kenapa gak Gw tulis aja sekarang. Ok just FYI, walaupun di dunia mimpi Gw merokok, tapi didunia nyata Gw masih gak merokok loh. dan semoga Gw gak perlu bermimpi merokok lagi setelah menulis laporan ini :D

Hari ini sudah lebih dari 1 tahun 6 bulan Gw berhenti merokok...

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

13 September, 2010

Saya Bukan Perokok!

Sudah cukup lama Gw gak menyentuh rokok, sampai-sampai lupa akan rasa rokok. Sudah sekian lama.... Sekarang, di bulan ke 16 atau setelah 1,3 tahun Gw memutuskan merubah jalan hidup, dan berhenti merokok... kini Gw pun berani berucap....

SAYA BUKAN PEROKOK!

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

13 Agustus, 2010

Saya lupa

Saya lupa, sumpah saya lupa... saya lupa kalo hari ini bulan ramadhan, jadinya gak perlu senam bersama di kantor, dan seharusnya saya gak perlu membawa seragam senam. Saya juga lupa, sungguh saya lupa... saya lupa kalo hari ini tanggal 13, tepat 15 bulan semenjak Gw berhenti merokok, dan seharusnya saya menulis sebuah catatan baru disini.

Saya akui, saya memang pelupa, tapi lupa akan tanggal 13 tidaklah lazim untuk waktu 15 bulan belakangan ini. Saya lupa.... sampai seorang teman mengingatkan bahwa Saya belum bikin laporan bulanan **Maksudnya menulis di blog ini**. Ya sudahlah... yang penting sekarang sudah inget, jadi mari menulis.... Ealah... saya lupa mau nulis apa ROFL.

Sekedar informasi, ini ramadhan kedua Gw tanpa berbuka dengan rokok, dan Gw gak merasakan keanehan. Dulu, saat ramadhan yang pertama, Gw juga dah gak kaget, soalnya udah pernah melewati buka puasa tanpa rokok. Sekarang di Ramadhan kedua, Gw bukan sekedar gak kaget, tapi malah lupa LOL.

Sewaktu Gw baca postingan Gw setahun yang lalu, postingan pas bulan ramadhan juga, timbul perasaan sedikit sedih dihati Gw, karena Gw inget disaat itu ada seorang teman yg juga berusaha berhenti merokok. Tetapi dia gagal melewati godaan rokok si teman setia. Sekarang, Gw berharap semoga dia mau mengulang usahanya lagi untuk berhenti merokok dan mengikuti jejak Gw, menulis laporan bulan ke 15, atau malah lebih... dan semoga dia juga lupa rasa nikmat merokok.

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

13 Juli, 2010

Dimana ruang bebas merokok?

Dua tugas dinas luar kantor beberapa minggu ini menggelitik ingatan Gw. Ingatan masa lalu yang sudah terpendam selama satu tahun dua bulan, ingatan ketika Gw masih sangat membutuhkan sebuah ruangan dengan plang bergambar tabung bulat berasap dan bertuliskan “Smooking Area”. Setahun dua bulan yang lalu, disaat Gw masih menghisap kepulan asap dari sebatang tembakau kering yang sering disebut rokok, Gw selalu mencari ruangan bebas merokok disaat break atau istirahat.

Dahulu, Gw bersama beberapa teman satu tim selalu mencari ruangan bebas merokok ditiap kesempatan yang ada saat meeting. Malah terkadang, kesempatan itu kami “ada-ada”-kan hanya untuk melampiaskan hasrat. Berkumpul di dipan membicarakan rapat, bahkan tidak jarang keputusan-keputusan diambil di ruang bebas merokok, sedang di ruang meeting hanya jadi legalitas saja.

Sekarang, ketika waktu istirahat, Gw merasa ada yang hilang. Gw kehilangan teman ngobrol, Gw kehilangan teman nongkrong, Gw kehilangan..... Oups, ternyata Gw berada diruangan yang salah. Gw ada di depan meja cemilan, mereka tak mungkin ada disini, mereka masih di ruang Bebas Merokok.

P.S
Ternyata, bulan kemaren Gw lupa posting laporan bulanan. Tetapi yakinlah, walau Gw gak laporan, Gw masih dan akan terus berhenti merokok kok.

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

13 Juni, 2010

Tanggal 13, Bulan ke 13 Bebas asap.

Seperti tanggal-tanggal 13 lainnya di 13 bulan terakhir, Gw selalu memposting sebuah artikel sekedar sebagai laporan bulanan, juga sebagai pengingat bulanan agar Gw selalu ingat hari dimana Gw berhenti merokok. Begitu juga hari ini, tanggal 13 dibulan ke 13. Ya... ini bulan pertama ditahun kedua Gw memutuskan berhenti merokok. Terus terang, sekarang Gw sudah tidak lagi mengalami kesukaran, candu, sugesti atau keinginan untuk merokok, terlebih sekarang Gw udah lupa bagaimana nikmatnya merokok.

Tadi siang, ketika Gw lagi membahas sesuatu tentang merokok dengan teman, Gw lupa lagi ngomongin tentang apanya rokok :p, tapi ada yg mengiang dikepala Gw, ketika membahas tentang ruginya merokok. Ketika teman Gw menyebut satu kerugian merokok **Gw lupa apaan**, Gw nyeletuk: "Untung Gw gak merokok". Temen Gw yang ngomong itu belum tahu kalo 13 bulan +1 hari yang lalu Gw masih perokok berat. Tanpa disela detik tak berguna, temen Gw yang satu lagi, yang mengetahui kalo Gw mantan perokok berucap: "Iya... sekarang lu gak ngerokok." dengan nada penuh kecurigaan, seakan-akan dia gak yakin kalo besok Gw masih gak ngerokok.

"Iya... sekarang Gw gak ngerokok, begitu juga nanti, besok, bulan depan atau tahun depan" dengan mantab Gw jawab ucapannya. Bukan sekedar celetukan, bukan pula bermaksud mendahului tuhan, tapi itu seperti pengucapan ulang janji Gw terhadap diri sendiri dan Tuhan, 13 bulan lalu dan akan selalu Gw ucapkan bila ada yg menyangsikan berhentinya Gw dari lingkar bara rokok.

Gw berharap, ada perokok lain yang akan mengikuti jawaban Gw, atas pertanyaan:
"Apakah Kamu Merokok?"

Bagikan tulisan ini di Facebook Anda

Komentar Terbaru:

Daftar Blog-Blog Gw